Kamis, 09 Januari 2014

KEPUTUSAN DISTRIBUSI DALAM PEMASARAN MODAL


Saluran distribusi menghubungkan para pemasok dan produsen dengan pemakai akhir barang atau jasanya. Saluran distribusi yang efektif dan efisien memberikan suatu daya strategik (strategic edge) yang penting atas saluran yang bersaing kepada anggota organisasi yang bersangkutan. Meskipun beberapa produsen memasarkan produknya secara langsung kepada pemakai akhir barang dan jasanya, banyak perusahaan lainnya yang menggerakkan produk mereka melalui satu atau lebih saluran distribusi. Bermacam-macam perantara saluran independen melakukan fungsi distribusi yang penting. Tipe utama dari kegunaan saluran adalah tempat (ketersediaan produk atau jasa saat di suatu lokasi yang nyaman bagi pelanggan potensial); waktu (ketersediaan produk atau jasa saat diinginkan oleh seorang pelanggan); bentuk (produk diproses, disiapkan, dan siap dimanfaatkan, serta dalam kondisi yang tepat); dan informasi (jawaban atas pertanyaan dan komunikasi umum mengenai sifat-sifat produk yang berguna serta manfaat yang tersedia).
Karena kegunaan ini dapat menjadi sumber dasar dari keunggulan kompetitif dan nilai produk, strategi memilih saluran merupakan salah satu keputusan kebijakan kunci yang harus dibuat oleh manajemen pemasaran.Saluran distribusi pasar internasional merupakan salah satu aspek yang sangat berbeda dari sistem pemasar nasional. Karena itulah, strategi saluran distribusi merupakan salah satu komponen yang paling menantang dan paling sulit dari program pemasaran internasional. Saluran distribusi dalam negeri sangat berbeda di berbagai negara. Untuk menjual sabun di Jepang, Procter dan Gamble harus berusaha melewati sistem distribusi yang mungkin paling rumit di dunia. Ia harus menjual ke pedagang besar dan umum, yang menjual ke pedagang besar produk, yang kemudian menjual ke pedagang besar produk khusus, lalu menjual ke pedagang besar regional, lalu ke pedagang besar lokal, dan berakhir kepada pengecer.
Analisis :
 Semua tingkat distribusi itu mengakibatkan harga konsumen meningkat dua hingga tiga kali lipat dari harga importir. Jika P&G membawa sabun yang sama ke daerah tropis Afrika, perusahaan akan menjual kepada pedagang besar import, lalu pemborong, dan pedagang kecil (kebanyakan wanita) yang bekerja di pasar lokal.Kottler (2000) menjabarkan bahwa ada 3 rantai utama antara penjual dan pemakai akhir. Rantai utama adalah kantor pusat pemasaran internasional penjual, departemen ekspor atau divisi internasional membuat keputusan mengenai saluran dan bauran pemasaran lain. Rantai kedua, saluran antar bangsa, membawa produk ke perbatasan negara-negara asing. Keputusan yang dibuat dalam rantai itu mencakup jenis perantara (agen, perusahaan perdagangan) yang akan digunakan jenis transportasi (udara, laut), serta pengaturan finansial dan resiko. Rantai ketiga, saluran di negara asing, membawa produk dari titik masuk di luar negeri dan pemakai akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar