Saluran distribusi menghubungkan para pemasok dan produsen
dengan pemakai akhir barang atau jasanya. Saluran distribusi yang efektif dan
efisien memberikan suatu daya strategik (strategic edge) yang penting atas
saluran yang bersaing kepada anggota organisasi yang bersangkutan. Meskipun
beberapa produsen memasarkan produknya secara langsung kepada pemakai akhir
barang dan jasanya, banyak perusahaan lainnya yang menggerakkan produk mereka
melalui satu atau lebih saluran distribusi. Bermacam-macam perantara saluran
independen melakukan fungsi distribusi yang penting. Tipe utama dari kegunaan
saluran adalah tempat (ketersediaan produk atau jasa saat di suatu lokasi yang
nyaman bagi pelanggan potensial); waktu (ketersediaan produk atau jasa saat
diinginkan oleh seorang pelanggan); bentuk (produk diproses, disiapkan, dan
siap dimanfaatkan, serta dalam kondisi yang tepat); dan informasi (jawaban atas
pertanyaan dan komunikasi umum mengenai sifat-sifat produk yang berguna serta
manfaat yang tersedia).
Karena kegunaan ini dapat menjadi sumber dasar dari
keunggulan kompetitif dan nilai produk, strategi memilih saluran merupakan
salah satu keputusan kebijakan kunci yang harus dibuat oleh manajemen
pemasaran.Saluran distribusi pasar internasional merupakan salah satu aspek
yang sangat berbeda dari sistem pemasar nasional. Karena itulah, strategi
saluran distribusi merupakan salah satu komponen yang paling menantang dan
paling sulit dari program pemasaran internasional. Saluran distribusi dalam
negeri sangat berbeda di berbagai negara. Untuk menjual sabun di Jepang,
Procter dan Gamble harus berusaha melewati sistem distribusi yang mungkin
paling rumit di dunia. Ia harus menjual ke pedagang besar dan umum, yang
menjual ke pedagang besar produk, yang kemudian menjual ke pedagang besar
produk khusus, lalu menjual ke pedagang besar regional, lalu ke pedagang besar
lokal, dan berakhir kepada pengecer.
Analisis :
Semua tingkat
distribusi itu mengakibatkan harga konsumen meningkat dua hingga tiga kali
lipat dari harga importir. Jika P&G membawa sabun yang sama ke daerah
tropis Afrika, perusahaan akan menjual kepada pedagang besar import, lalu
pemborong, dan pedagang kecil (kebanyakan wanita) yang bekerja di pasar
lokal.Kottler (2000) menjabarkan bahwa ada 3 rantai utama antara penjual dan
pemakai akhir. Rantai utama adalah kantor pusat pemasaran internasional
penjual, departemen ekspor atau divisi internasional membuat keputusan mengenai
saluran dan bauran pemasaran lain. Rantai kedua, saluran antar bangsa, membawa
produk ke perbatasan negara-negara asing. Keputusan yang dibuat dalam rantai
itu mencakup jenis perantara (agen, perusahaan perdagangan) yang akan digunakan
jenis transportasi (udara, laut), serta pengaturan finansial dan resiko. Rantai
ketiga, saluran di negara asing, membawa produk dari titik masuk di luar negeri
dan pemakai akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar