Merek sebagai salah satu atribut dari produk yang berfungsi
sebagai pembeda antara produk yang satu dengan produk yang lainnya. Merek juga
merupakan janji perusahaan untuk secara konsisten memberikan features,
benefits, dan services kepada para pelanggan. Setiap perusahaan ingin membangun
ekuitas merek yang kuat karena hanya produk-produk yang memiliki ekuitas kuat
yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Ekuitas merek sangat
berperan dalam memberikan nilai kepada pelanggan dan perusahaan. Semakin kuat
ekuitas merek suatu produk, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen
untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya dapat membuat konsumen
untuk melakukan pembelian serta dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan
dari waktu ke waktu. Ekuitas merek dapat dilihat dari 8 komponen yaitu top of
mind brand, top of mind advertising, overall satisfaction, brand loyalty, brand
used most often, brand perceived quality, best brand dan brand share. Dengan
memiliki ekuitas merek yang kuat maka akan dicapai ekuitas perusahaan untuk
memenangkan persaingan yang kompetitif dalam era globalisasi seperti sekarang.
Informasi tentang ekuitas merek saat ini menjadi sangat
penting. Masalah yang muncul adalah sulitnya mengetahui komponen-komponen apa
yang dominan dalam membentuk ekuitas merek produk susu bubuk dan bagaimana
kontribusi masing-masing komponen terhadap kekuatan atau ekuitas merek
tersebut. Melalui informasi ini maka perusahaan dapat lebih mudah dalam
merancang strategi perusahannya, khususnya dalam meningkatkan ekuitas mereknya.
Analisis :
Dari hasil analisis top of mind brand dapat diketahui bahwa
susu bubuk merek Dancow merupakan merek yang paling banyak diingat pertama kali
oleh responden. Dengan kata lain merek Dancow menduduki peringkat top of mind
brand. Hasil analisis top of mind advertising menunjukkan bahwa iklan susu
bubuk merek Dancow merupakan iklan yang banyak diingat pertama kali oleh
responden, sehingga merek Dancow merupakan top of mind advertising susu bubuk
Dancow memiliki brand share terbesar, kedua susu Bendera,
dan ketiga susu Indomilk. Dari hasil analisis perceived quality dapat diketahui
bahwa Dancow merupakan merek susu yang dipersepsikan paling baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar